Tips Travelling Membawa Lansia

Daftar Isi
 
Credit Foto: Pixabay

Seseorang yang memasuki usia lanjut atau biasa kita sebut dengan lansia, pasti juga masih memiliki keingin untuk melakukan aktivitas layaknya manusia normal. Hal ini terjadi juga dengan Ibu saya yang berusia 77 tahun. Di masa tuanya, Ibu ingin memiliki manfaat bagi lingkungan sekitarnya. Bahkan di rumah, Ibu bisa dibilang tak bisa diam dalam melakukan beberapa pekerjaan rumah. Meskipun saya sudah mengatakan pada beliau bahwa jangan terlalu lelah dalam beraktivitas, namun kadang beliau tidak menghiraukan perkataan saya, hehehe. Bisa dimaklumi juga sih karena lansia terkadang tidak ingin dilarang.

Nah, seorang lansia juga memiliki keinginan untuk travelling tak terkecuali Ibu saya. Meskipun di usia yang tidak muda lagi, namun Ibu sangat suka berjalan-jalan. Hal ini dikarenakan hampir sebagian ebsar hidupnya hanya berada di dalam rumah saja. Karena tak tega terkadang saya ajak Ibu untuk pergi ke luar rumah entah itu kulineran atau berbelanja. Untuk travelling ke luar kota saya pun pernah mengajak Ibu walau tidak sering. Hal ini dikarenakan saya dan suami masih menggunakan transportasi publik sehingga khawatir membahayakan keselamatan dan kesehatan Ibu. Kalau pakai kendaraan pribadi seperti kedua kakak saya, bolehlah Ibu travelling lebih jauh lagi.

Tentunya travelling membawa lansia harus memperhatikan banyak hal. Jangan sampai orang tua merasa tidak nyaman sementara kita terbawa kekhawatiran terhadap lansia yang dibawa.

Membawa lansia pergi berlibur atau traveling memerlukan perencanaan dan perhatian ekstra agar perjalanan tetap aman dan menyenangkan bagi mereka. Saya punya beberapa tips dalam mengajak lansia bepergian atau travelling, antara lain:

1. Konsultasikan dengan Dokter

Sebelum merencanakan perjalanan, bicarakan dengan dokter lansia untuk memastikan mereka dalam kondisi kesehatan yang memungkinkan untuk perjalanan. Dokter dapat memberikan rekomendasi dan saran khusus.

2. Pilih Destinasi Travelling yang Sesuai

Pilih destinasi yang sesuai dengan kebutuhan lansia. Pertimbangkan aksesibilitas, iklim, fasilitas medis, dan aktivitas yang sesuai dengan kemampuan fisik mereka.

3. Siapkan Dokumen Penting:

Pastikan Anda membawa semua dokumen penting, seperti kartu identitas, paspor, asuransi perjalanan, resep obat, dan informasi kontak darurat.

4. Packing yang Tepat

Bantu lansia Anda dalam proses packing. Pastikan mereka membawa pakaian yang sesuai dengan cuaca, obat-obatan yang cukup untuk selama perjalanan, serta barang-barang pribadi mereka.

5. Jangan Lupa Bawa Obat-obatan dan Kesehatan

Pastikan Anda membawa obat-obatan dan peralatan medis yang diperlukan. Juga, ketahui lokasi apotek atau fasilitas medis terdekat di tempat tujuan.

6. Ciptakan Perjalanan yang Nyaman

Pilih transportasi yang nyaman, seperti mobil pribadi, kereta, atau pesawat yang dapat mengakomodasi kebutuhan lansia, seperti kursi roda atau kursi yang lebih besar dengan ruang kaki yang cukup.

7. Beri Kesempatan Lansia untuk Istirahat Secara Teratur

Lansia mungkin memerlukan istirahat lebih sering. Rencanakan perjalanan dengan jadwal yang fleksibel sehingga mereka dapat beristirahat sesuai kebutuhan.

8. Pertimbangkan Akomodasi yang Tepat:

Pilih akomodasi yang ramah lansia. Hotel atau penginapan yang memiliki fasilitas aksesibilitas, seperti kamar mandi yang dapat diakses dengan kursi roda, akan sangat membantu.

9. Hindari Perjalanan Terlalu Jauh atau Terlalu Lama

Pertimbangkan untuk memilih destinasi yang tidak terlalu jauh atau perjalanan yang tidak terlalu panjang agar lansia tidak terlalu lelah. Selama perjalanan, pastikan lansia menjaga kebersihan diri dan tetap aktif dalam batas kemampuan mereka.

Terkadang rencana dapat berubah karena kesehatan atau keadaan tertentu. Bersiaplah untuk beradaptasi dengan perubahan ini. Sebagai anak, selalu perhatikan kesejahteraan dan kenyamanan lansia selama perjalanan. Rencanakan dengan baik, berkomunikasi secara efektif, dan siap untuk mengatasi situasi yang mungkin muncul.

Sebagai travel blogger Indonesia (cie...cie...) saya berusaha mengabadikan setiap moment ketika sedang mengunjungi suatu tempat, entah itu hotel tempat staycation, rumah makan dan lain sebagainya. Tentu saja sebagai pengingat bagi saya bahwa pernah mengunjungi beberapa tempat dan bisa untuk rujukan bagi pembaca blog saya jika suatu saat membutuhkan.

Pengalaman travelling tentu saja akan meninggalkan kesan tersendiri bagi saya apalagi jika tempat-tempat tersebut layak untuk dikunjungi kembali.

Posting Komentar