2 Fungsi Assessment Yang Perlu Anda Kenali

Daftar Isi
Fungsi Assessment

Assessment merupakan langkah yang dapat diambil di dalam bisnis untuk dapat mendapatkan keuntungan yaitu mengetahui kemampuan serta dapat menjadi landasan untuk mengikuti program pelatihan. 

Assessment merupakan penilaian yang diikuti tidak hanya oleh karyawan, tetapi juga umum yang dapat untuk mengetahui potensi serta kelemahan yang dipunyai. 

Penilaian tersebut akan dapat digunakan untuk menentukan langkah selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengembangkan kemampuan diri. Fungsi assessment yang umum dan perlu dikenali sendiri dibagi dua, yang terdiri dari fungsi formatif dan fungsi sumatif.

Fungsi Formatif dari Assessment yang Diberikan

Fungsi pertama yang perlu diketahui ketika mengikuti assessment adalah fungsi formatif. Di mana fungsi ini adalah penilaian yang dilakukan dapat memberikan fungsi yang dapat untuk meningkatkan usaha sehingga bisa mencapai target yang dipunyai. 

Fungsi ini dapat dilakukan ketika perusahaan mempunyai target yang dipunyai, sehingga untuk bisa membantu untuk mencapainya maka bisa mengadakan penilaian yang dapat untuk memaksimalkan dan mencapai tujuan tersebut. 

Dengan melakukan assessment akan membantu untuk bisa mengetahui kekurangan yang dipunyai sehingga bisa melakukan perbaikan yang dibutuhkan. Hal tersebut yang kemudian akan membawa untuk dapat mencapai target yang dipunyai.

Selain itu, fungsi assessment formatif untuk akan bermanfaat dan berguna untuk kemajuan perusahaan secara umum. Fungsi ini memberikan manfaat yang berkelanjutan di perusahaan karena seperti yang telah dijelaskan di atas akan bisa membantu untuk mencapai target yang dibuat. 

Pembuatan rencana perusahaan yang dibuat dapat lebih optimal dan juga sesuai dengan kebutuhan apabila mengetahui mengenai kondisi yang dipunyai. Dengan penilaian yang diadakan maka hasilnya bisa menunjukkan mengenai hal yang perlu untuk diperbaiki. 

Oleh karena itulah, assessment yang dilakukan akan bisa untuk membantu untuk mempunyai keputusan yang dapat membantu mencapai target yang dipunyai oleh perusahaan.

Fungsi Sumatif dari Assessment yang Diberikan

Fungsi kedua yang perlu dikenal dari kegunaan utama mengapa perlu untuk mengikuti assessment atau penilaian adalah karena bisa memberikan fungsi sumatif. Fungsi yang diberikan dari jenis ini adalah akan bisa untuk memberikan keputusan mengenai penerimaan karyawan. 

Fungsi sumatif ini bisa diandalkan oleh perusahaan dapat menerima atau menolak lamaran yang datang dari calon pelamar. Dengan fungsi sumatif dapat untuk memberikan informasi mengenai kesiapan yang dipunyai calon karyawan maupun karyawan yang dipunyai.

Karena dengan fungsi sumatif akan memberikan manfaat yang digunakan dalam rekrutmen dan juga memutuskan untuk memberikan jabatan yang lebih tinggi pada karyawan.

Sehingga dengan fungsi sumatif akan bisa membantu untuk memberikan posisi yang terbaik berdasarkan hasil penilaian yang diikuti dari assessment yang diberikan oleh perusahaan.

Fungsi sumatif dalam assessment mempunyai metode dan juga hasil yang digunakan dalam bidang pendidikan yaitu dengan melakukan ujian yang dapat untuk memberikan keputusan lulus atau tidaknya siswa. 

Sedangkan untuk fungi sumatif pada assessment di dunia kerja memberikan manfaat untuk penilaian apakah menerima lamaran atau memberikan naik jabatan untuk karyawan.

Hal tersebut dapat diberikan sesuai dengan penilaian dan hasil yang didapatkan. dimana hasil tersebut diukur dari berbagai hal seperti dari kesiapan untuk menempati posisi tertentu, kemampuan yang dipunyai, karakteristik yang cocok dipunyai dengan jabatan, dan juga berbagai hal lainnya. 

Fungsi sumatif sendiri dilakukan untuk berbagai kebutuhan seperti berikut ini:
  • Dapat dilakukan untuk melakukan seleksi kandidat karyawan baru atau naik jabatan.
  • Dapat digunakan untuk pemetaan kompetensi yang lebih tepat.
  • Dapat membantu untuk mengembangkan karir yang dipunyai seseorang.
  • Dapat membantu untuk pelatihan dan juga pengembangan yang dibutuhkan karyawan.
  • Dapat membantu untuk mendapatkan penilaian kerja sehingga membantu bisa lebih produktif.
  • Dapat membantu untuk meningkatkan keterlibatan karyawan di perusahaan.
Di atas merupakan dua fungsi assessment yang bisa didapatkan yaitu fungsi formatif dan sumatif yang dipunyai. Perusahaan bisa untuk memberikan assessment yang mempunyai banyak manfaat untuk perusahaan. 

Untuk memberikan penilaian tersebut dapat dilakukan dengan mudah yaitu cukup dengan menggunakan layanan assessment online di Prasmul-ELI. Perusahaan bisa mengandalkan penilaian yang bisa dilakukan oleh Prasmul-ELI untuk mengukur kemampuan yang dipunyai karyawan, sehingga akhirnya bisa menjadi landasan untuk membuat keputusan yang tepat bagi perusahaan dalam merencanakan strategi bisnis yang lebih efektif.

Posting Komentar