Lapangan Kerja Untuk Lulusan Farmasi

Daftar Isi
Lulusan Farmasi
Credit photo: Pixabay


Apakah kalian merupakan lulusan jurusan farmasi dan saat ini sedang bingung hendak mencari kerja di perusahaan apa. Tenang saja, tak perlu khawatir karena dalam artikel ini saya ingin sedikit menjelaskan bahwa lulusan farmasi masih sangat diperlukan di dunia kesehatan. Tentu saja lapangan kerja bagi lulusan farmasi masih banyak peluang, asal kalian jeli dan tekun dalam mencari pekerjaan.

Mungkin ada sebagian orang mengira kuliah di jurusan farmasi itu sulit karena harus berhadapan dengan rumus-rumus kimia maupun fisika. Tentu saja sulit bagi yang tidak memahami. Namun jika seorang mahasiswa memiliki bakat dan ketertarikan pada pelajaran fisika dan kimia, maka kuliah di jurusan farmasi bukan sebuah momok, melainkan tantangan baginya.

Saya perhatikan saat ini fenomena yang ada di dunia kerja adalah, banyak lulusan perguruan tinggi yang bekerja tidak sesuai dengan jurusannya semasa kuliah. Hal ini dapat dimaklumi, karena persaingan di dunia kerja saat ini sangatlah tinggi. Bahkan jumlah tenaga kerja dengan lapangan kerja yang tersedia tidak seimbang. Akibatnya tentu saja banyak pengangguran di sekitar kita.

Kembali lagi dengan jurusan farmasi, dimana prospek kerjanya cukup menjanjikan karena dunia kesehatan itu sangatlah luas dan juga banyak membutuhkan tenaga farmasi.

Profesi ahli farmasi atau yang biasa kita kenal dengan sebutan Apoteker merupakan sebuah profesi yang bertanggung jawab dalam memberikan obat-obatan kepada pasien sesuai dengan resep yang telah dibuat oleh dokter.

Farmasi sendiri merupakan salah satu ilmu di bidang kesehatan yang memelajari segala hal yang berkaitan dengan obat-obatan. Misalnya saja meracik obat, mengembangkan obat-obatan, serta hal-hal lain yang masih berhubungan dengan obat-obatan. Tentu saja semua itu dilakukan oleh ahli farmasi dalam rangka meningkatkan kesehatan di masyarakat kita.

Jika ditanya lapangan kerja apa yang cocok untuk lulusan farmasi, maka berikut jawabannya:
  • Bekerja di Pabrik Obat atau Industri Farmasi
Ada banyak pabrik atau industri yang bergerak di bidang farmasi dengan memproduksi obat-obatan. Tentu saja profesi ahli farmasi sangat dibutuhkan dalam industri ini karena ahli farmasi disini akan menjadi penanggung jawab atas berjalannya produksi.
  • Menjadi Apoteker 
Lulusan farmasi juga bisa melamar kerja sebagai Apoteker di apotek-apotek yang ada di kota domisili kalian. Tentu saja Apoteker memiliki tugas dan tanggung jawab dalam mengawasi peredaran obat di apotek tersebut. 
  • Dapat Menjadi Pemilik Apotek
Tidak selamanya sarjana farmasi harus bekerja di perusahaan milik orang lain. Kalian juga bisa menjadi bos untuk orang lain. Salah satu cara adalah dengan mendirikan apotek sendiri. Asalkan pendirian apotek sudah sesuai dengan prosedur perizinan yang telah ditetapkan pemerintah, maka Anda siap untuk menjadi Apoteker di Apotek milik sendiri.

Bagi kalian lulusan farmasi yang kebetulan berdomisili di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara yang bingung mencari informasi seputar dunia Farmasi, maka bisa menjadi anggota dari PAFI Samosir untuk lebih detailnya. Kalian bisa mengunjungi websitenya terlebih dahulu di pafisamosir.org untuk mencari tahu alamat kantor dan juga contact person yang bisa dihubungi.


Penutup

Bidang kesehatan merupakan salah satu bidang yang sangat penting di masyarakat. Sebab kesehatan yang terjaga akan menunjang jalannya kehidupan bermasyarakat dengan lancar.

Ahli farmasi merupakan salah satu komponen penting dalam bidang kesehatan di Indonesia. Oleh sebab itu kalian yang berprofesi sebagai ahli farmasi, jangan lupa selalu terhubung dengan rekan sejawat agar tidak ketinggal informasi.

Bagi warga Kabupaten Samosir sendiri, para ahli farmasi bisa terhubung dengan menjadi anggota PAFI Samosir. Selain relasi bertambah, kalian juga bisa diberi kemudahan apabila akan mengurus atau memperbaharui Surat Izin Praktek sebagai Apoteker misalnya.

PAFI Samosir dengan website pafisamosir.org banyak memberikan informasi seputar regulasi terkini, rekap keanggotaan nasional, seminar hingga lowongan kerja.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar