Cara Memilih Sekolah Terbaik Untuk Anak

Daftar Isi
 
Sumber Gambar: Pexels

Pendidikan merupakan hal terpenting yang seharusnya didapat oleh anak. Tanpa pendidikan dan juga pendidikan akhlak, anak ibarat tersesat di dunia ini. Pendidikan juga bekal untuk anak ketika dia sudah tidak dalam pengasuhan orangtua lagi.

Namun ketika anak sudah mulai akan masuk sekolah, tentu jadi PR bagi orangtua untuk memilihkan sekolah terbaik bagi anak. Hal ini agar anak mendapat kualitas pendidikan terbaik, dari guru dan juga dapat bersosialisasi dengan teman sebaya dalam aturan yang baik pula.

Jadi saya pernah mendengar dari kakak saya yang memiliki dua orang anak, dimana dia berbicara dengan istrinya mengenai persiapan masuk sekolah anak pertamanya. Kakak dan istrinya sepakat untuk memasukkan anak pertama mereka ke salah satu Sekolah Dasar Negeri yang letaknya tak jauh dari rumah mereka. Hal ini dikarenakan agar anak tidak merasa lelah apabila harus berangkat dan pulang sekolah, sekaligus Ibunya juga dapat mengontrol kegiatan belajar anak. 

Ada beberapa tips bagi para orangtua untuk bisa memilihkan sekolah terbaik untuk buah hati mereka, yaitu antara lain:

1. Pilih Sekolah yang Letaknya Dekat Dengan Rumah

Saya jadi ingat cerita seorang teman, ketika anaknya sekolah di lokasi yang cukup jauh dari rumah mereka. Anak ketika di perjalanan terpaksa tidur di dalam kendaraan, lalu karena terlalu lelah mengikuti kegiatan belajar mengajar, dalam perjalanan pulang anak akhirnya ketiduran. Sesampai di rumah, anak sudah terlalu lelah hingga akhirnya tak sanggup menyelesaikan PR mereka.

Saya yakin di dekat tempat tinggal Ayah Bunda, pasti ada sekolah yang bisa memenuhi kebutuhan pendidikan anak. Tinggal bagaimana idealisme Ayah Bunda dalam memenuhi pendidikan anak. Jika memang tidak ada ambisi untuk anak harus masuk sekolah favorit, maka perlu dipertimbangkan anak bersekolah yang tidak jauh dari rumah.

2. Sesuaikan Dengan Budget Keluarga

Pemilihan sekolah berdasarkan kemampuan finansial orangtua, bukan berarti pelit terhadap masa depan anak. Kita harus realistis terlebih di zaman sekarang. Mungkin orangtua ingin yang terbaik demi masa depan anak, dengan memberikan pendidikan yang berkualitas. Menyekolahkan anak merupakan harga mati bagi para orangtua, namun sesuaikan dengan kemampuan finansial.

Apabila tak mampu untuk menyekolahkan anak di sekolah swasta, maka sekolah negeri bisa jadi alternatif bagi pendidikan anak. Hal ini dikarenakan ada sekolah negeri di beberapa wilayah yang menggratiskan biaya pendidikan bagi para murid. Orangtua cukup membayar beberapa komponen yang sekiranya tidak memberatkan.

3. Lihat Fasilitas yang Diberikan Kepada Para Murid

Tentu saja di setiap sekolah akan menawarkan fasilitas untuk anak, agar mereka nyaman dalam menerima setiap pelajaran yang diberikan oleh guru. Diharapkan orangtua mengetahui apa saja fasilitas dari sebuah sekolah, sebelum memutuskan memasukkan anak mereka ke sekolah tersebut.

Ini bukan menyangkut satu atau dua hari anak sekolah, namun bisa 6 tahun! Ayah Bunda tak ingin donk anak sering berpindah sekolah hanya karena merasa tak nyaman berada di sekolahnya saat ini. 

Ayah Bunda juga bisa melihat fasilitas sebuah sekolah dari internet. Sekarang ini jaman serba canggih, dan informasi makin mudah didapat, sehingga bisa jadi informasi sekolah yang ada di kota Anda baik itu negeri atau swasta bisa dengan mudah didapatkan.

Demikian sedikit tips bagaimana cara memilih sekolah terbaik untuk anak. Pastinya ketika anak masih kecil, sebut saja ketika dia masuk ke kelas 1 SD misalnya, maka anak belum punya kemampuan untuk memilih sekolah terbaik untuknya. Di sinilah peran orangtua dalam memilih sekolah terbaik untuk anak.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar