Ide Kegiatan Anak Saat Libur Sekolah

Daftar Isi
Ide Kegiatan Anak
Sumber Gambar: Pexels

Saat libur sekolah, tentu menjadi moment yang ditunggu oleh anak-anak sebagai murid sekolah. Tak terkecuali saya pada zamannya dahulu. Saya ketika berada di bangku SD sampai SMA selalu bahagia tak terkira manakala libur sekolah tiba. Padahal zaman dulu lebih membosankan dibandingkan zaman sekarang. Hal ini dikarenakan zaman dulu tidak ada gadget sehingga saya pernah bosan hendak melakukan kegiatan apa di saat libur sekolah. Sementara zaman sekarang justru anak-anak sampai lupa makan, mandi bahkan ibadah dikarenakan terlalu ketergantungan bermain gadget.

Libur kenaikan kelas, libur lebaran dan beberapa libur panjang lainnya merupakan sarana bagi anak untuk melepas stress dan kepenatan setelah selama beberapa bulan belajar di sekolah. Memahami rumus-rumus matematika tidaklah mudah, apalagi menghafal istilah biologi misalnya. Belum ditambah les tambahan sepulang sekolah dan ekstrakurikuler. 

Rasanya dejavu sekali kalau melihat kegiatan sekolah seabrek itu. Maka dari itu, anak akan sangat berbahagia manakala libur tlah tiba. Mungkin orang tua pun akan sama bahagianya, karena tak perlu repot antar jemput anak, tak pusing memikirkan bekal apa untuk dibawa anak dan segala kesibukan lainnya ketika buah hati sekolah.

Ketika libur sekolah tiba, sebaiknya jangan ajari anak untuk bermalas-malasan, namun coba didik agar mereka tetap produkti beraktivitas. Memang sebisa mungkin anak akan menghindari dari yang namanya buku pelajaran, namun tak apalah selama 30 menit suruh anak agar mau belajar sebentar. Hal ini dimaksudkan agar anak tak mudah lupa dengan pelajaran setelah libur sekian lama.

Nah untuk para ayah dan ibu agar tak kehabisan ide mengajak anak berakvitas ketika libur sekolah, ada baiknya membuat daftar kegiatan. Segala ide kegiatan yang dirancang untuk anak harus memiliki pesan moral tersendiri, agar ketika dewasa anak mengingat kegiatan apa saja yang pernah dilakukan bersama kedua orang tua.

1. Berkebun

Jika di rumah kalian memiliki halaman yang cukup luas, maka bisa ajarkan anak untuk berkebun menanam beberapa tanaman yang berguna untuk di rumah. Misalnya saja tanaman Toga, sayuran dan beberapa buah yang mudah dipanen.

Tujuan mengajarkan anak berkebun agar anak lebih cinta kepada lingkungan dan melatih kesabaran. Sebab ketika kita menanam tanaman buah, maka harus rajin menyiram setiap hari agar tanaman itu menghasilkan buah untuk dimakan.

2. Olahraga

Olahraga dilakukan tentu saja berharap agar kita menjadi sehat. Anak juga perlu olahraga walau hanya sebentar dan ringan. Ajak anak olahraga misal hanya dengan jalan kaki  keliling komplek rumah selama 15 menit setiap hari selama libur. Ayah Bunda pasti juga tidak mungkin olahraga lama, karena mungkin harus berangkat ke kantor kan.

Intinya jangan biasakan anak bermalas-malasan ketika libur di rumah. Pada suatu saat nanti ketika anak sudah tidak tinggal satu atap dengan orang tua, mereka akan sangat mengingat memori mengenai kegiatan olahraga di masa kecil. Produktif dengan berolahraga, kenapa tidak!

3. Membersihkan Rumah

Membersihkan rumah tidak hanya monopoli bagi anak perempuan saja. Anak laki-laki juga harus lho membantu orang tua membersihkan rumah. Saya yakin jika orang tua mendidik anak-anak mereka untuk rajin beberes sejak kecil, maka ketika dewasa kelak mereka harus hidup terpisah dengan orang tuanya, tidak akan mengalami culture shock ketika memiliki rumah sendiri atau menumpang di rumah kerabat lain.

Saya rasa menyapu lantai, mengepel lantai, mencuci baju sendiri, membersihkan perabot dari debu bukan suatu aktivitas yang berat. Melatih anak agar tidak malas memiliki pesan moral tersendiri. Bukankan kebersihan adalah sebagian dari imana.

Demikian 3 ide kegiatan saat anak libur sekolah. Semoga bermanfaat ya.

Posting Komentar