Manfaat Investasi Untuk Masa Pensiun

Daftar Isi
 
Manfaat Investasi
Source: Pexels


Apa yang terpikirkan manakala mendengar kata investasi? Jangan-jangan kalian sudah takut duluan ketika mendengar kata investasi, seolah menganggap investasi harus dalam nominal besar. Padahal tidak juga lho. Investasi tidak melulu dalam jumlah besar, seperti membeli properti atau tanah.

Arti investasi sendiri sangatlah luas. Investasi merupakan suatu kegiatan menanam modal sejumlah uang dengan motivasi ingin mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya di masa depan. Tentu saja harapan dan keinginan dari seorang investor adalah agar modal yang ditanam di masa depan memberikan keuntungan yang berlipat.

Saat ini kita dipertontonkan gaya hidup konsumerisme yang ada di media sosial. Jalan-jalan ke luar negeri dengan dalih healing, membeli barang mewah dengan tujuan self love dan berbagai bentuk kegiatan hedonisme lainnya.

Sebenarnya hal tersebut sah-sah saja selama kita memiliki budget untuk membeli barang mewah atau kebutuhan tersier lainnya. Namun yang menjadi masalah adalah ketika kita hanya berencana untuk hidup di masa sekarang saja tanpa memperhitungkan masa depan, terlebih masa pensiun. Sementara setiap tahun terjadi inflasi dimana harga barang terus naik.

Maka jalan satu-satunya yang harus kita lakukan adalah berinvestasi demi masa pensiun agar kelak hari tua tidak bingung bagaimana cara memenuhi kebutuhan hidup. Jangan mengandalkan keberadaan anak, sebab ada pepatah yang mengatakan bahwa anak bukanlah  dana pensiun kita. Yes, it's true.

Manfaat Investasi: Bebas Finansial Sampai Siap Pensiun Muda

Saat ini teknologi semakin canggih sehingga berinvestasi pun sudah bukan suatu kendala lagi. Kita bisa melakukan investasi mulai dari nominal terkecip sekalipun. Ada banyak manfaat investasi yang bisa kita lakukan sejak dari usia muda, diantaranya:

1. Mempersiapkan Pengeluaran Tak Terduga

Mungkin kalau tidak karena pandemi kemarin, saya tidak akan pernah belajar mengenai berinvestasi. Ternyata memang investasi itu bukan karena gengsi tapi salah satu hal positif yang bisa kita ambil manfaatnya adalah bisa digunakan sebagai dana darurat.

Misalnya saja Anda berinvestasi dengan cara menabung emas, maka ketika sedang mengalami krisis keuangan, Anda bisa menjual emas tersebut dan menggunakannya untuk pemenuhan kebutuhan hidup.

2. Mempersiapkan Dana di Masa Pensiun

Investasi sedikit demi sedikit tentunya akan menghasilkan nilai yang besar. Contoh ketika Anda menabung reksadana, maka jangan berharap bisa dinkmati satu hingga tiga tahun ke depan, namun lihat secara jangka panjang.

Investasi reksadana menurut saya idealnya bisa Anda lihat hasilnya di 20 tahun kemudian. Namun perlu diingat, berinvestasilah di platform yang terpercaya dan sudah banyak testimoni positif yang diberikan oleh masyarakat. 

3. Agar Bisa Menikmati Kebebasan Finansial

Siapa yang tidak ingin punya hidup merdeka finansial, tidak terikat jam kerja dengan sebuah perusahaan, tidak diperintah oleh pimpinan dan segala bentuk kebebasan finansial lainnya. Saya pun jika bisa saat ini juga sudah sangat ingin resign dari pekerjaan sekarang, namun apa daya finansial belum mencukupi.

Dengan berinvestasi dan tahu berapa keuntungan yang bisa kita dapat, maka setidaknya kita memiliki gambaran jumlah uang yang dimiliki dalam jangka waktu tertentu. Kita bisa menentukan kapan waktu yang tepat untuk bisa lepas dari predikat karyawan atau budak korporat.

Sementara manfaat investasi untuk masa pensiun diantaranya:
  1. Agar tidak menyusahkan anak cucu
  2. Bisa hidup tenang tanpa rasa khawatir tak punya dana di masa tua.
  3. Bisa berbuat kebaikan kepada sesama dengan hasil investasi yang dimiliki. Beramal merupakan suatu tindakan yang sangat mulia. Jika kita memiliki dana lebih dari hasil investasi, tentu bisa beramal untuk meringankan beban dan kesulitan orang yang membutuhkan.

Posting Komentar