Mansetus Sang Pelopor Ambulans Motor

Daftar Isi
Credit Photo: Jayakarta News


Namanya adalah Mansetus Kalimantan Balawala. Beliau merupakan salah satu penerima penghargaan SATU (Semangat Astra Terpadu Untuk) Indonesia pada tahun 2010 dengan kategori kesehatan sebagai Pencetus Sepeda Motor Untuk Bidan Desa. Lebih tepatnya ambulans motor yang akan menolong ribuan nyawa warga di Kabupaten Flores Timur. Kalian pasti bingung dengan istilah ambulans motor, karena selama ini yang familiar di telinga kita adalah mobil ambulans yang berfungsi untuk mengangkut pasien dengan kondisi penyakit darurat atau mengangkut jenazah untuk dikebumikan.

Masentus sendiri berasal dari daerah Larantuka, Nusa Tenggara Timur. Larantuka sendiri terkenal dengan julukannya yaitu "Serambi Vatikan". Karena kepeduliannya terhadap bidang kesehatan khususnya bagi ibu hamil yang sudah waktunya memasuki masa persalinan, Mansetus pun memiliki ide yang mungkin out of the box yaitu menggagas ambulans motor.

Pada tahun 2002, Mansetus mendirikan yayasan yang diberi nama Yayasan Kesehatan Untuk Semua (YKS), karena Mansetus memiliki kepedulian terhadap masalah kesehatan yang dialami oleh warga yang berada di daerah terpencil di Nusa Tenggara Timur.

Mansetus pun mengajak para anak muda di Larantuka bergotong royong untuk ikut serta mengendarai sepeda motor agar bisa membawa para bidan serta paramedis, dengan tujuan untuk dapat memeriksa kesehatan warga yang sedang sakit terutama di wilayah-wilayah yang sulit untuk dijangkau.

Fenomena Tingkat Angka Kematian Ibu dan Anak di Flores Timur

Pada tahun 2000-an, terjadi fenomena angka kematian yang tinggi terjadi pada ibu dan anak yang baru lahir di Flores Timur. Ada beberapa faktor yang menyebabkan angka kematian ibu melahirkan cukup tinggi di Flores Timur antara lain penanganan yang terlambat terhadap ibu melahirkan dimana mengalami perdarahan hebat.

Sementara lambatnya penanganan kasus ibu melahirkan juga disebabkan oleh masih minimnya infrastruktur di Flores Timur pada tahun-tahun tersebut. Akses transportasi yang tidak banyak di tahun 2000-an menyebabkan ibu hamil yang sudah waktunya memasuki masa persalinan tidak bisa sampai ke Puskesmas dengan selamat akibat perdarahan yang dideritanya. 

Para bidan yang bertugas di Flores Timur pun mengalami kesulitan untuk mengunjungi rumah-rumah pasien ibu hamil dikarenakan akses ke lokasi yang minim infrastruktur. 

Dari latar belakang fenomena kematian ibu dan bayi inilah, Mansetus pun berinisiatif untuk menyediakan 14 unit sepeda motor yang dialih fungsikan menjadi ambulans motor. Keberadaan 14 unit sepeda motor tersebut berada di bawah naungan Yayasan Kesehatan Untuk Semua yang dikelola oleh Mansetus.

Dengan semangat misi kemanusiaannya, tentu saja Mansetus tidak seorang diri mewujudkan hal tersebut. Beliau bekerja sama dengan Kedutaan Jepang di Indonesia, Shell Advance dan juga Motorcycle Outreach.

Dengan semangat gotong royong seluruh komponen di Flores Timur baik itu dari tenaga kesehatan maupun masyarakatnya, maka pada tahun 2012 angka kematian ibu dan bayi berhasil turun secara signifikan yaitu 7 orang, dari yang tadinya terjadi kematian ibu dan bayi sebanyak 14 orang di tahun 2009.

SATU Indonesia Awards, Penghargaan Untuk Anak Bangsa Atas Kontribusi Positif di Masyarakat

Dari program yang diselenggarakan PT. Astra International, Tbk ini, kita jadi mengetahui bahwa ada banyak para anak muda di Indonesia yang produktif dan menghasilkan karya positif demi kontribusi membangun bangsa Indonesia tercinta.

Sejatinya setiap manusia memiliki keinginan untuk berguna bagi orang lain, meskipun itu hanya perbuatan kecil. Menyingkirkan bongkahan batu di tengah jalan yang dapat mengganggu pengguna jalan merupakan aksi nyata kebermanfaatan bagi orang lain.

Apa yang dilakukan oleh seorang Mansetus Kalimantan Balawala untuk menolong para ibu melahirkan dimana dia berusaha menekan angka kematian bayi dengan menghadirkan ambulans motor untuk para bidan sebagai tenaga medis. Tujuan dari adanya ambulans motor ini tentunya untuk mempermudah bidan dalam memeriksa kondisi pasien dalam hal ini adalah ibu hamil yang akan memasuki masa persalinan. 

Mansetus Kalimantan Balawala menerima penghargaan SATU Indonesia Awards dalam bidang Kesehatan. Setiap tahunnya PT. Astra International, Tbk menyelenggarakan program penghargaan untuk mengapresiasi para anak muda Indonesia yang telah memberikan kontribusi positif di masyarakat Indonesia. Kontribusi positif tersebut meliputi 5 bidang yaitu Kesehatan, Pendidikan, Teknologi, Lingkungan dan Kewirausahaan.

Untuk kalian para generasi muda di seluruh penjuru Nusantara, mari kita melakukan kebaikan untuk negeri tercinta ini. Teruskan apa yang menjadi terobosan baru membangun bangsa seperti yang telah dilakukan Mansetus Kalimantan Balawala.

Semoga menginspirasi.




Referensi:

https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20140718/5511734/2h2-center-turunkan-angka-kematian-ibu-dan-anak-di-flores-timur/

https://bakti.or.id/forum-kti/inisiatif-cerdas/melayani-kebutuhan-kesehatan-flores-timur

Posting Komentar